Konstruksi Alat Ukur Analog dan Digital

Alat ukur masih termasuk bagian dari alat laboratorium dan pengertian alat ukur listrik secara harfiah adalah alat yang digunakan untuk mengukur arus listrik yang melalui instalasi listrik, mengetahui tegangan dan faktor lain agar sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Dibutuhkan tingkat keakuratan dari alat ukur listrik karena akan mempengaruhi kinerja alat yang menggunakan arus listrik dari instalasi listrik yang tersedia. Terdapat dua jenis alat ukur yaitu alat ukur analog dan digital.

A. Alat Ukur Analog

Alat ukur listrik analog merupakan alat ukur generasi awal dan sampai saat ini masihdigunakan. Bagiannya banyak komponen listrik dan mekanik yang saling berhubungan.Bagian listrik yang penting adalah, magnet permanen, tahanan meter, dan kumparan putar.Bagian mekanik meliputi jarum penunjuk, skala dan sekrup pengatur jarum penunjuk. Contohnya adalah Multimeter Analog

Multimeter analog lebih banyak dipakai untuk kegunaan sehari-hari, seperti para tukang servis TV atau komputer kebanyakan menggunakan jenis yang analog ini. Kelebihannya adalah mudah dalam pembacaannya dengan tampilan yang lebih simple. Sedangkan kekurangannya adalah akurasinya rendah, jadi untuk pengukuran yang memerlukan ketelitian tinggi sebaiknya menggunakan multimeter digital. Namun multimeter jenis ini lebih mudah digunakan sehingga banyak para teknisi yang familiar menggunakan tester analog daripada digital.

Konstruksi Multimeter Analog
Dasar Multimeter Analog dapat dikelompokkan ke dalam tiga bagian utama yaitu :
1.      Jaringan Pengukuran
2.      Rangkaian Penguat
3.      Penggerak Meter Analog 


Cara Pengukuran Menggunakan Multimeter
  •       Mengukur Tegangan (Voltmeter)

  •  Mengukur Arus (Amperemeter)
  • Mengukur Tahanan (Ohm-meter)
B. Alat Ukur Digital 

Alat ukur digital adalah alat ukur yang menunjukan besaran yang diukur dalam  bentuk angka. Dengan alat ukur digital kesalahan pembacaan dihilangkan oleh  penunjukan langsung dengan angka dari besaran yang diukur, dan titik desimal  ditunjukan pula secara langsung untuk memudahkan pengukuran. Contoh nya adalah Multimeter Digital

  • Multimeter Digital


Multimeter digital memiliki akurasi yang tinggi, dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog. Yaitu memiliki tambahan-tambahan satuan yang lebih teliti, dan juga opsi pengukuran yang lebih banyak, tidak terbatas pada ampere, volt, dan ohm saja. Multimeter digital biasanya dipakai pada penelitian atau kerja-kerja mengukur yang memerlukan kecermatan tinggi, tetapi sekarang ini banyak juga bengkel-bengkel komputer dan service center yang memakai multimeter digital. Kekurangannya adalah susah untuk memonitor tegangan yang tidak stabil. Jadi bila melakukan pengukuran tegangan yang bergerak naik-turun, sebaiknya menggunakan multimeter analog.

Multimeter digital memiliki resistansi konstan 1M (often 10 MΩ) untuk seluruh jangkah ukur tegangan DC ini lebih dari cukup untuk seluruh rangkaian.

Pengukuran arus dan tegangan dengan multimeter
1.      Pilih jangkah ukur dengan lebih besar dari dengan pembacaan yang masih dapat dilakukan.
2.      Sambungkan meter, yakinlah sambungan pada sisi yang benar.
Multimeter sangat mudah rusak oleh perlakuan sembrono mohon diperhatikan hal ini:
*  Selalu melepas meter sebelum memindah jangkah ukur
*  Selalu periksa letak jangkah sebelum dihubungkan kerangkaian
*  Jangan membiarkan pengukuran arus paling besar resiko kerusakannya berada pada resistansi rendah.

Pengukuran resistansi dengan Digital Multimeter
1.    Letakkan jangkah ukur lebih besar dari yang ada. Perhatikan penampil menunjukan “off dari skala” (biasanya kososng atau 1 pada sisi kiri).
2.    Lebih besar dari yang ada Sentuhkan ujung pengukur meter bersama dan periksa apakah terbaca nol, jika tidak nol, putar saklar ‘set zero’ jika tidak coba lagi.
3.    Letakkan ujung penduga ke komponen.
Jauhi sentuhan lebih dari satu sambungan pada waktu yang sama atau anda akan dapatkan kenaikan pembacaan.

Daftar Pustaka :
https://www.scribd.com/doc/281309367/Alat-Ukur-Listrik-Analog-Dan-Digital
http://www.sisilain.net/2014/08/pengertian-jenis-fungsi-multimeter.html
http://henii-241.blogspot.co.id/2011/07/alat-ukur-digital.html

Komentar

  1. The Casinos that Pay Out the Gambling Industry - Dr. MD
    A well known and well known gambling industry, the 과천 출장마사지 gambling industry has 과천 출장샵 always been a 수원 출장샵 source of 광양 출장안마 interest 고양 출장마사지 to many people who seek out

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flora dan Fauna Khas 34 Provinsi di Indonesia

Counter UP dan Counter DOWN